Beranda | Artikel
Nama-Nama Allah Menunjukkan Sifat-SifatNya
Jumat, 27 November 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Nama-Nama Allah Menunjukkan Sifat-SifatNya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 12 Rabiul Akhir 1442 H / 27 November 2020 M.

Kajian Tentang Kaidah Nama-Nama Allah Menunjukkan Sifat-SifatNya

Pada kaidah yang pertama kita menjelaskan bahwa seluruh nama Allah adalah al-husna.

أسماء الله كلها حُسنى

“Seluruh nama Allah husna.”

Maka kita mengenal Asmaul Husna. Hal ini karena seluruh nama tersebut mengandung makna yang sempurna dan makna yang sempurna itu adalah sifat-sifat Allah yang sempurna. Sehingga kesimpulannya sifat itu tidak terbatas dengan jumlah 10 tambah 10 atau kurang dari itu atau lebih.

 

Di antara prinsip dasar yang dijadikan oleh Ahlus Sunnah sebagai landasan di dalam memahami nama-nama Allah adalah sebuah kaidah yang redaksinya:

أسماء الله أعلام وأوصاف

“Nama-nama Allah (Asmaul Husna) itu sebagai nama bagi Allah dan diwaktu yang sama dia sebagai sifat.”

Dalam istilah bahasa Arab, nama adalah أعلام. Karena itu sebagai pengenal bahwa Si Fulan namanya -misalnya- Muhammad, Ibrahim, dll. Jadi nama tersebut sebagai pengenal.

Lalu bagaimana kita bisa mengenal Allah Tabaraka wa Ta’ala dengan nama-namaNya? Maka nama adalah sebagai sarana untuk mengenal. Oleh karena itu nama-nama Allah yang al-husna tersebut menjadi tanda untuk mengenal Allah. Maka tidak akan mungkin seseorang mengenal Allah jika dia tidak mengenal nama-namaNya.

Di sisi lain nama tersebut sebagai sifat. Jadi bukan sekedar nama yang menjadi tanda pengenal saja. Tapi mengandung makna yang itu merupakan sifat Allah Tabaraka wa Ta’ala.

Kita mengetahui ada dzat dan ada sifat. Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki Dzat, diri Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki sifat. Bila kita tinjau dari sisi bahwa nama tersebut menunjukkan kepada Dzat Yang Maha Esa, yaitu Allah Tabaraka wa Ta’ala. Karena seluruh nama tersebut menunjukkan kepada Allah yang memiliki Dzat yang Maha Esa dan Dzat tersebut memiliki nama.

Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala Dzat Yang Maha Esa, tidak berbilang. Maka seluruh nama-nama yang kita ketahui dan yang tidak kita ketahui Asmaul Husna 99 tersebut, maka dari sisi ini bahwa itu semuanya sama. Karena semuanya menunjukkan kepada Dzat Yang Maha Esa, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan selanjutnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Nama-Nama Allah Menunjukkan Sifat-SifatNya

Untuk mp3 kajian yang lain: silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49464-nama-nama-allah-menunjukkan-sifat-sifatnya/